10 Menit Memahami Bahasa Tubuh

Pernahkah Anda kesulitan dalam memahami maksud pembicaraan orang lain atau kesulitan dalam memahami bahasa tubuh orang lain? Tentu diantara kalian masih ada yang kesulitan dalam memahami bahas tubuh. Nah, berbicara mengenai bahasa tubuh, apakah Anda tahu apa itu bahasa tubuh? Bahasa tubuh adalah bentuk komunikasi secara non-verbal atau tanpa kata-kata yang disampaikan dengan tanda atau sinyal berupa isyarat, ekspresi wajah, pandangan mata, sentuhan, suara, dan gerakan tubuh. Tanda bahasa tubuh juga bisa berupa gerakan yang halus atau pergeseran seluruh tubuh yang dapat menunjukkan sesuatu sedang terjadi. Misalkan cara Anda berbicara, berjalan, duduk, dan berdiri bisa menceritakan mengenai Anda karena apapun yang sedang dipikirkan dapat tercemin dari luar. 

Blair Singer berkata “Effective communication depends much more on your tone of voice and body language than the words you say”, artinya komunikasi yang efektif lebih tergantung pada nada suara dan bahasa tubuh Anda daripada kata-kata yang Anda ucapkan. Jadi kita bersama menyadari bahwa betapa pentingnya untuk memahami bahasa tubuh. Dengan Anda memahami tanda atau sinyal bahasa tubuh dari orang lain, maka Anda dapat lebih mudah memahami arti pembicaraan orang tersebut dan menjadi lebih efektif dalam berkomunikasi. Namun, Anda perlu mengetahui bahwa bahasa tubuh yang tercermin oleh tiap orang dapat berbeda pada tiap momen atau kejadian yang dialami. Anda perlu mengidentifikasi dan memperhatikan dari tanda-tanda yang terlihat pada tiap momennya. Tentu Anda ingin tahu pada momen atau tanda apa yang bisa Anda perhatikan dari orang lain. Mari kita bahas di bawah ini.

a. Kesan Pertama

Momen pertama adalah saat bertemu pertama kali dan menjadi kesan pertama. Pada momen ini, Anda bisa seperti mengamati orang lain dengan melihat tanda-tanda umum dan sinyal yang muncul pada diri orang tersebut. Anda bisa melihat apakah orang itu merasa percaya diri atau tidak. Tanda yang bisa dilihat pada orang yang percaya diri meliputi,

Postur terlihat dari cara berdiri yang tegap dan bahu yang tegak. 

Kontak mata terlihat tajam dengan wajah “tersenyum”.

Gesture dilihat dari tangan dan lengan yang digunakan dengan tujuan dan sengaja untuk ditunjukkan.

Jika melakukan pidato terlihat dari kecepatan berbicara yaitu lambat tetapi jelas.

Nada suara dilihat dari volume dan intonasi yang sedang hingga rendah.

b. Pertemuan Urgent

Anda bisa memperhatikan orang lain saat berada pada sebuah pertemuan yang urgent dan penting. Hal ini karena seringkali ada orang lain yang berlaku defensif dan tidak benar-benar mendengarkan. Misalkan saat Anda menghadiri sebuah pertemuan rapat dan pemimpin rapat sedang berbicara. Pada momen itu Anda bisa melihat bagaimana reaksi peserta rapat yang lain, apakah mereka mendengarkan atau tidak. Anda bisa melihat dengan 5 tanda umum di bawah ini.

Gerakan tangan secara kecil untuk melakukan hal lain diluar pembicaraan rapat seperti bermain gadget atau mengerjakan sesuatu.

Ekspresi wajah yang minimal atau tidak fokus menatap ke depan.

Secara fisik tubuh berpaling dari orang yang sedang berbicara.

Lengan yang disilangkan di depan tubuh.

Kontak mata sedikit terhadap lawan bicara.

c. Bekerja dalam Kelompok

Pada momen ini Anda bisa melihat bagaimana bahasa tubuh orang lain dalam kelompok. Misalkan Anda sedang bekerja dengan 5 orang di dalam kelompok, tentu Anda ingin 100% semua pihak terlihat. Namun, ketika Anda sedang menjelaskan pekerjaan yang harus diselesaikan, ada beberapa orang yang terlihat tidak terlibat. Anda pun bisa memperhatikan bahasa tubuh orang tersebut dengan mengacu 5 tanda di bawah ini.

Kepala menurun

Mata yang berkaca-kaca atau menatap sesuatu yang lain

Tangannya memilin pada kain atau mengotak-atik pena

Orang tersebut mungkin menulis atau mencoret-coret kertas lain

Duduk dengan gaya merosot pada kursi atau tidak tegak

d. Bohong

Dari semua bahasa tubuh non-verbal yang dapat diamati, jika Anda mampu melihat apakah seseorang berbohong atau tidak itu akan sangat memberikan manfaat. Apakah Anda tahu apa saja tanda orang berbohong? Ada 7 tanda khas yang dapat terlihat, coba Anda perhatikan di bawah ini.

Sedikit atau mungkin tidak ada kontak mata, atau mungkin mata bergerak cepat dengan pupil yang terbatas

Ketika sedang berbicara, tangan atau jari berada di depan mulut

Tubuhnya secara fisik berpaling dari Anda atau ada gerakan tubuh yang tidak biasa

Laju intensitas pernapasan meningkat

Timbul perubahan warna pada tubuh seperti merah di wajah atau area leher

Timbul keringat meskipun dalam kondisi cuaca dingin

Adanya perubahan suara seperti perubahan pitch, gagap, atau tenggorokan tercekik

Penting untuk Anda ingat bahwa semua bahasa non-verbal setiap orang dapat berbeda. Jadi, jika Anda melihat beberapa tanda-tanda non-verbal khas berbohong, Anda tidak bisa langsung berkesimpulan secara cepat. Namun, tanda-tanda khas tersebut bisa menjadi acuan Anda untuk meneliti lebih jauh orang tersebut. Anda perlu untuk melakukan klarifikasi lebih lanjut kepada orang tersebut.

e. Wawancara dan Negosiasi

Apa yang Anda lakukan ketika Anda diajukan pertanyaan yang benar-benar penting? Apakah Anda merenung beberapa saat sebelum menjawab? Tentu Anda bisa langsung menjawab atau Anda bisa meluangkan waktu sejenak untuk merenungkan sebelum menjawab. Apabila Anda memutuskan untuk merenungkan jawaban berarti Anda menunjukkan kepada orang yang bertanya bahwa Ia telah memberikan pertanyaan yang cukup penting sehingga Anda membutuhkan waktu untuk mempertimbangkan jawaban. Hal yang Anda lakukan merupakan hal yang positif dalam situasi wawancara atau negosiasi karena menunjukkan bahwa Anda mempertimbangkan dan merefleksikan jawaban. Lantas apakah Anda menyadari apa saja tanda yang Anda tunjukkan? Ada 4 tanda umum yang memperlihatkan bahasa tubuh Anda saat merefleksikan jawaban, coba perhatikan dibawah ini.

Ketika berpikir mata Anda akan berpaling sejenak dan kembali melakukan kontak mata dengan lawan bicara saat menjawab. 

Anda menempelkan jari tangan di dekat dagu.

Anda meletakan tangan ke pipi.

Anda agak memiringkan kepala dengan mata melihat ke atas.

Itulah lima momen yang dapat Anda lihat untuk memperhatikan bahasa tubuh orang lain. Anda perlu ingat bahwa setiap orang adalah unik, atas dasar inilah tanda-tanda dan sinyal setiap orang mungkin berbeda dari yang Anda duga. Hal itu juga yang penting Anda lakukan untuk klarifikasi atau memastikan penafsiran Anda secara benar atas bahasa tubuh orang. Anda dapat melakukan dengan mengajukan pertanyaan lebih lanjut atau dengan mencoba mengenal lebih dekat. Cara sederhana untuk melatih keterampilan Anda dalam mempelajari bahasa tubuh, dengan Anda mulai mengamati orang di jalan, bus, kereta atau di televisi tanpa suara. Ketika Anda mengamati orang lain, cobalah untuk menebak apa yang mereka katakan atau merasakan apa yang terjadi di antara mereka. Dengan cara tersebut, Anda juga bisa melatih untuk mendeteksi tanda atau sinyal ketika Anda berinteraksi dengan orang lain.

Jadi, penting untuk Anda sadari bahwa bahasa tubuh dapat bervariasi antar individu dan antar berbagai budaya dan bangsa. Dengan Anda mengetahui tanda umum tiap momen dan berlatih untuk mengamati tiap orang, maka Anda sudah bisa memahami bahasa tubuh orang lain dengan memperhatikan selama waktu 10 menit saja. Namun, tetap penting untuk memverifikasi dan mengonfirmasi sinyal yang Anda dapatkan dengan lebih mempertanyakan individu dan mengenal orang tersebut. Selamat mencoba.

Artikel ini bermanfaat? Berikan penilaian Anda

Average rating / 5. Vote count:

Share:

Add your comment:

Your email address will not be published. Required fields are marked *