3 Cara Membangun Kepercayaan Orang Lain

Salah satu hal yang paling penting di dunia adalah kepercayaan, baik itu kepercayaan diri sendiri bahkan kepercayaan orang lain. Membangun kepercayaan orang lain sangat penting untuk dilakukan terutama dalam dunia bisnis. Hal ini karena tentu dengan membangun kepercayaan maka akan meningkatkan loyalitas orang lain kepada kita. Dalam sebuah bisnis membangun kepercayaan orang lain bisa dilakukan kepada rekan kerja, pelanggan hingga investor. Misalkan membangun kepercayaan dari investor, hal ini sangatlah penting dilakukan dan Anda harus bisa meyakinkan investor untuk menanamkan modalnya kepada Anda. Jika membangun kepercayaan dari pelanggan tentu akan mendatangkan loyalitas dari mereka untuk tetap bekerja sama dengan Anda dan perusahaan.

Sebuah cerita dari Mark Zuckerberg seorang pendiri dan CEO Facebook yang ingin mengakuisisi Whatsapp dengan harga yang fantastis. Akan tetapi Jan Koum sebagai pendiri dan CEO Whatsapp tidak dengan mudah percaya dan menyerahkan aplikasi tersebut bahkan ia telah menolak penawaran dari Google. Mengetahui hal itu, Mark tidak menyerah dan ia menggunakan pendekatan personal dengan cara membangun hubungan persahabatan dan membangun kepercayaan dengan Jan Kaum. Ia pun membutuhkan waktu selama dua tahun untuk dapat membina hubungan dan mengenal Jan. Setelah dua tahun itu, Mark mencoba mengajukan penawaran dan kini Jan sudah bisa mempercayai Mark. Kedua belah pihak itu pun menjali kerja sama partnership dalam mengembangkan aplikasi Whatsapp.

Berdasarkan cerita Mark, bahwa sangat penting untuk mengenal dan membangun kepercayaan dengan orang lain guna melakukan kerja sama dengan orang lain. Ketika kedua belah pihak sudah saling percaya maka akan dengan mudah menjalin hubungan dan kerja sama. Lantas, cara apa yang bisa Anda lakukan untuk membangun kepercayaan? Tentu Anda tidak ingin membutuhkan waktu lama untuk bisa mendapat kepercayaan dari orang lain. Dengan tiga cara di bawah ini, Anda bisa mencoba untuk membangun kepercayaan dari orang lain. Mari kita bahas satu persatu.

Jadilah Seseorang yang Konsisten dan Transparan

Cara efektif membangun kepercayaan orang lain yang pertama adalah pastikan dan buktikan Anda bisa menjadi orang yang dapat diandalkan. Salah satu metodenya adalah dengan menunjukkan sikap dan perkataan yang konsisten dan juga transparan tanpa ada yang harus ditutup-tutupi. Kedua hal tersebut merupakan hal yang sangat penting jika Anda ingin dipercaya oleh orang lain. Saat Anda menunjukkan konsisten dan transparan dalam bertindak ataupun berucap orang lain akan menganggap Anda serius mengatakannya dan sudah mempertimbangkan apa yang ingin diucapkan serta tidak main-main. Misalkan Anda didelegasikan pekerjaan oleh rekan kerja Anda dan Anda meminta deadline pengerjaan selama 3 hari, maka selama 3 hari itu Anda harus mengerjakan pekerjaan tersebut. Anda harus konsisten dengan ucapan yang Anda katakan. Kalau pun Anda mengalami kendala, maka Anda harus transparan kepada rekan kerja Anda dan tidak bisa berbohong untuk menutupi kesalahan yang Anda perbuat. Dengan Anda melakukan kedua hal tersebut, niscaya rekan kerja Anda akan percaya kepada Anda.

Lakukan Apa yang Anda Katakan dan Hormatilah Janji 

Cara kedua yang bisa Anda lakukan adalah menghormati janji yang Anda katakan sendiri. Meskipun itu hanyalah sesuatu hal yang sederhana tetapi memberikan dampak yang besar. Ketika Anda mampu memenuji janji yang diucapkan, maka Anda akan dipercaya dan bisa diandalkan oleh orang lain. Lain halnya, jika Anda membatalkan atau gagal memenuhi janji kepada orang lain, niscaya orang tersebut akan berkurang rasa percayanya kepada Anda. Misalkan Anda menjanjikan kepada semua anggota tim akan mengadakan makan-makan bersama kalau tim kalian dapat achieve target pada bulan ini. Ketika hasil pekerjaan bulanan sudah keluar dan ternyata tim dapat melampaui target, maka tepati janji Anda. Dengan begitu Anda sudah bisa membangun kepercayaan dengan tim Anda sendiri.

Tunjukkan Integritas

Selanjutnya cara membangun kepercayaan orang lain adalah dengan menunjukkan integritas yang Anda miliki. Caranya sangat mudah, Anda hanya perlu menjaga rahasia yang dipercayakan kepada Anda, menunjukkan loyalitas yang Anda miliki, kendalikan perasaan Anda, tidak bersikap kasar kepada orang lain, dan asertif ketika sedang berkomunikasi. Beberapa hal tersebut dapat Anda lakukan untuk meningkatkan integritas yang Anda miliki. Yang penting Anda tidak melakukan kesalahan sehingga membuat orang lain tidak percaya atau berpaling dari Anda.

Itulah tiga cara yang dapat Anda gunakan untuk membangun kepercayaan dari orang lain. Anda bisa terapkan sesuai dengan situasi Anda dan lakukan secara konsisten juga. Ketika Anda sudah mendapat kepercayaan dari orang lain maka Anda harus bisa mempertahankan kepercayaan tersebut. Karena mempertahankan sebuah kepercayaan bukan sesuatu hal yang mudah. Selamat mencoba.

Artikel ini bermanfaat? Berikan penilaian Anda

Average rating / 5. Vote count:

Share:

Add your comment:

Your email address will not be published. Required fields are marked *