3 Strategi Mengatasi Rasa Takut

Sebelum membahas lebih dalam, mari simak contoh kasus berikut ini. Pada hari Senin atasan Laura baru saja mengumumkan bahwa perusahaan telah memenangkan sebuah tender untuk membuat kampanye pemasaran nasional. Atasan Laura mengisyaratkan bahwa Beliau menginginkan Laura untuk memimpin proyek tersebut. Laura hanya perlu memberitahukan atasannya bahwa Ia tertarik akan tawaran ini pada hari Jumat. Laura pun selalu berharap untuk mendapatkan kesempatan seperti ini. Ia menyadari bahwa pekerjaan dan keterampilan manajemennya memenuhi kualifikasi dan kesempatan tersebut dapat membuat dirinya dipromosikan atau setidaknya pengakuan secara layak. Namun, ketika waktunya tiba Laura berpikir untuk membuat banyak alasan untuk menolak atau tidak memimpin proyek tersebut. Akhirnya pada hari Jumat sore Laura masih belum berbicara dengan atasannya mengenai penolakan tersebut.

Apakah situasi tersebut akrab terdengar dan terjadi pada sekeliling Anda? Situasi tersebut biasa disebut dengan takut sukses. Takut akan kesuksesan sebenarnya merupakan hal yang umum tetapi dapat membuat Anda kehilangan banyak kesempatan dalam hidup. Ketika Anda terlalu takut untuk mengambil risiko dan takut untuk bergerak maju pada tujuan baik secara sadar atau tidak sadar maka Anda terjebak di satu tempat, tidak bergerak maju atau mundur.

Psikolog Matina Horner yang pertama kali mendiagnosa “takut akan sukses” pada awal tahun 1970- an. Temuan Matina ini sangat kontroversial yaitu rasa takut akan sukses telah menyerang banyak wanita di zaman itu. Sejak penemuan tersebut, banyak ilmuwan dan psikolog melakukan penelitian lanjutan dan sepakat bahwa rasa takut akan sukses kini bisa terjadi terhadap pria dan wanita. Para ilmuwan dan psikologi juga sependapat bahwa takut sukses sama dengan ketakutan akan kegagalan. Kedua ketakutan tersebut memiliki banyak gejala yang sama dan menahan Anda untuk mencapai impian dan tujuan.

Yang menjadi masalah terbesar bagi banyak orang adalah Anda tidak menyadari bahwa ketakutan akan sukses telah menyerang diri Anda sendiri, bahkan telah menahan Anda untuk melakukan segala sesuatu yang hebat. Tahukah Anda bahwa rasa takut akan sukses tersebut bisa muncul karena pikiran-pikiran negatif yang Anda alami. Tentu Anda ingin tahu pikiran-pikiran apa saja yang bisa Anda alami saat memiliki rasa takut. Di bawah ini menjadi contoh pikiran yang bisa Anda alami.

  • Anda merasa bersalah setiap keberhasilan yang Anda capai, tidak peduli seberapa kecil atau besar karena teman-teman, keluarga, atau rekan kerja tidak memiliki kesuksesan yang sama dengan Anda.

  • Anda merasa ragu untuk memberitahukan prestasi yang telah Anda capai kepada orang lain.

  • Anda menghindari atau menolak proyek-proyek besar, terutama proyek-proyek yang bisa mengarahkan pada pengakuan atas kemampuan Anda kepada atasan.

  • Anda sering kompromi atas tujuan Anda sendiri atau mengatur ulang tujuan untuk menghindari konflik dalam kelompok atau keluarga Anda.

  • Anda sendiri menyabotase pekerjaan Anda atau mimpi dengan meyakinkan diri sendiri bahwa Anda tidak cukup baik untuk mencapainya.

  • Anda merasa sadar bahwa Anda tidak layak untuk menikmati keberhasilan dalam hidup Anda.

  • Anda percaya bahwa jika Anda mencapai sukses, Anda tidak akan mampu mempertahankan itu. Akhirnya, Anda mendapat kegagalan dan berakhir kembali di tempat yang lebih buruk daripada tempat Anda memulai.

Itulah tujuh contoh pikiran yang bisa Anda alami saat memilki rasa takut sukses. Lantas apa yang bisa menyebabkan pikiran itu muncul? Ada empat kemungkinan penyebab jika Anda memiliki rasa takut sukses. Mari simak di bawah ini.

  • Takut akan hal yang dapat mengikuti kesuksesan itu misalnya, merasa kesepian, mendapat musuh baru, terisolasi dari keluarga, memiliki jam kerja yang bertambah, atau dimintai bantuan atau uang oleh orang lain.

  • Takut akan akibat buruk bahwa semakin tinggi kita mendaki dalam hidup, semakin jauh kita akan jatuh ketika kita melakukan kesalahan. Artinya ketika sudah mendapat kesuksesan tinggi maka semakin takut akan melakukan kesalahan yang bisa membuat Anda jatuh dari kesuksesan tersebut.

  • Takut dengan pekerjaan tambahan, tanggung jawab, atau kritik yang akan dihadapi ke depannya dari orang lain.

  • Takut bahwa hubungan akan memburuk jika Anda mendapat kesuksesan. Misalkan akan timbul reaksi cemburu atau ketidaksukaan dari teman-teman atau keluarga sehingga membuat Anda kehilangan orang yang disayangi.

Nah, setelah mengetahui penyebab dari rasa takut sukses itu, maka Anda perlu untuk bisa mengatasi rasa takut sukses tersebut. Tiap orang memiliki pendekatan atau strategi yang berbeda untuk mengatasi ketakutan akan sukses. Tentu Anda penasaran strategi apa saja yang bisa digunakan untuk mengatasinya. Dengan tiga strategi berikut ini, Anda bisa berhasil dalam melawan rasa takut sukses. Strategi pertama yang bisa Anda coba adalah dengan mengontrol pemikiran Anda sendiri. Kabar baiknya adalah semakin Anda menghadapi ketakutan Anda dan menganalisis penyebab secara rasional, maka semakin cenderung melemahkan rasa ketakutan tersebut dan secara otomatis meningkatkan keinginan untuk melawan rasa takut itu. Anda perlu memikirkan keadaan yang realitas dengan melihat apa yang akan terjadi jika Anda berhasil dengan tujuan Anda. Hindari pemikiran seperti apa yang Anda harapkan akan terjadi atau apa yang Anda takutkan akan terjadi karena dua pemikiran tersebut dapat menghambat Anda. 

Strategi kedua yang bisa digunakan adalah Anda menghadapi rasa takut sukses secara langsung dengan mengembangkan rencana cadangan untuk mengatasi kekhawatiran Anda. Dengan membuat rencana candangan maka Anda telah memikirkan cara untuk mengatasi ketakutan dan dapat menghilangan rasa takut itu sendiri. 

Strategi ketiga adalah Anda tidak perlu mendengarkan hal negatif dari orang lain. Hal ini karena terkadang orang lain akan bereaksi negatif terhadap kesuksesan Anda, terutama jika orang tesebut telah dianggap sebagai orang sukses di masa lalu. Orang seperti ini memiliki pemikiran yang sempit dan mereka tidak dapat bersukacita dalam keberhasilan orang lain. Dengan Anda tidak mendengarkan apa yang mereka katakan, maka Anda bisa lebih focus untuk mencapai kesuksesan.

Itulah tiga strategi yang bisa Anda coba untuk mengatasi dan menghilangkan rasa takut sukses. Anda bisa mencoba strategi mana saja yang sesuai dengan kemampuan diri Anda. Selamat mencoba.

 

 

 

 

 

 

Artikel ini bermanfaat? Berikan penilaian Anda

Average rating / 5. Vote count:

Share:

Add your comment:

Your email address will not be published. Required fields are marked *